Pengertian Pandangan Hidup & Pentingnya Pandangan Hidup Bagi Manusia

Pandangan Hidup

Pandangan hidup adalah suatu wawasan menyeluruh terhadap kehidupan yang terdiri dari kesatuan rangkaian nilai-nilai luhur. Pandangan hidup berfungsi sebagai alat untuk mengatur hubungan manusia dengan Tuhannya.

Pandangan hidup bangsa adalah kristalisasi nilai-nilai yang diyakini kebenarannya maupun manfaatnya oleh suatu bangsa, sehingga bangsa tersebut mampu menumbuhkan tekad untuk mewujudkannya dalam sikap hidup sehari-hari.

Pandangan hidup itu sendiri merupakan konsep yang dimiliki seseorang atau golongan dalam masyarakat dalam menanggapi atau menerangkan segala masalah di dunia ini. Dengan demikian bagi seorang Muslim, pandangan hidupnya mengacu pada Al-Qur'an dan Sunnah.
Pandangan hidup yang berasal dari agama yaitu pandangan hidup yang mutlak kebenarannya. Menurut saya pandangan hidup berasal dari agama itu maksudnya adalah kita hidup di negara yang memiliki berbagai macam agama sesuai dengan kepercayaan masing-masing. Didalam sebuah agama memiliki hukum dalam sebuah kehidupan.

Pandangan hidup yang berupa ideologi yang disesuaikan dengan kebudayaan dan norma yang terdapat pada negara tersebut. Menurut saya hal ini benar, kita hidup di negara indonesia yang memiliki sebuah ideologi yaitu Pancasila, pancasila dapat dikatakan sebagai ideologi karena pancasila mempunyai pandangan hidup bangsa indonesia menuju ke demokrasi.

Pandangan hidup hasil renungan yaitu pandangan hidup yang relatif kebenarannya. Menurut saya maksud dari pandangan hidup hasil renungan adalah dimana setiap manusia merenungi hal-hal yang dapat merubah masa depan nya.

Pentingnya Pandangan Hidup Bagi Manusia

Pandangan hidup itu bersifat kodrati, Karena itu ia menentukan masa depan seseorang. Pandangan hidup artinya pendapat atau pertimbangan yang dijadikan pegangan, pedoman, arahan atau petunjuk hidup di dunia. Dengan demikian pandangan hidup itu bukanlah timbul sekita atau dalam waktu yang singkat saja, melainkan melalui proses waktu lama dan terus - menerus, sehingga hasil pemikiran itu dapat diuji kenyataannya. Hasil pemikiran itu dapat diterima oleh akal, sehingga diakui kebenarannya.
Lebih baru Lebih lama

Posting Komentar

Formulir Kontak